Mengatasi Iklan yang selalu Muncul Di Browser Google Chrome

Salam Sobat Blogger ^_^

Kamu tentu pernah melihat iklan yang tampil pada suatu laman website. Iklan bisa menjadi sumber penghasilan, bisa juga menjadi sumber masalah. Tergantung dari kondisi dimana iklan itu muncul

Kalo kamu merasa terganggu dengan kehadiran iklan di suatu laman web, Maka tepat sekali jika kamu memilih tutorial ini. Disini kamu akan diberikan tutorial lengkap mulai dari bagaimana iklan bisa muncul sampai bagaimana cara mengatasinya.

Berbicara seputar iklan atau bahasa kerenya advertisement, saya pernah mendapatkan pengalaman pahit dari yang satu ini. Pernah suatu ketika saya mendaftar pada layanan advertisement pada satu web penyedia layanan iklan PPC.

Karena saya sendiri sudah terimajinasi dengan keuntungan yang diberikan. Saya akhirnya memutuskan untuk berlangganan atau mendaftar menjadi member situs tersebut.

Awalnya saya sama sekali tidak menduga akan terjadi sesuatu. Namun, setelah saya menyalin link iklan lalu saya taruh di Blog ini. Munculah iklan yang vulgar.

Saya sendiri tidak menyadarinya. Bukan karena saya tipe orang mesum. Namun, yang saya rasakan saat itu ialah rasa puas karena Blog ini sudah terpasang iklan. Setelah beberapa lama saya disibukan oleh kegiatan kuliah. Saya menyempatkan melihat Blog dari Smartphone.

Yang muncul  didalam benak ketika pertama kali melihat iklanya adalah " Mungkin ini hanya cache atau virus browser ". Karena perasaan sendiri terasa kurang enak, akhirnya saya menyempatkan ke tempat wifi langganan.

Membuka laptop dan saya cek Blog. Benar saja, iklan vulgar ini tetap saja tampil di Blog saya. Lalu saya sempatkan juga membuka trafik pengunjung. Benar - benar menurun drastis. Akhirnya dengan mantap saya hapus widget iklan yang saya pasang di Blog.

Semoga pengalaman ini tidak terjadi pada sobat. Iklan dipasang dan terpasang merupakan hal berbeda. Iklan yang dipasang biasanya dipasang secara sengaja dan sadar oleh pemilik webnya. Sedangkan iklan yang terpasang bisa saja secara tidak sengaja sudah terpasang di web.

Iklan terpasang ini bisa saja dari kelalaian pemilik situs. Bisa juga dari virus. Kerja dari virus browser ini cukup cerdas. Dia menyusup pada ruang kosong pada suatu web sebagai tempat untuk menampilkan iklan.

Tidak serta merta hanya iklan biasa yang hanya menempel di web. Bisa saja Pop up dan iklan berjalan. Kalau kamu bertanya berbahayakah iklan seperti ini ? Maka saya bisa katakan sangat berbahaya. Bagaimana iklan bisa muncul atau terpasang dengan sendirinya jika tidak dari virus ? malware ?

Jika sudah terpasang melalui virus, PC kamu bisa berkemungkinan akan dimasuki jenis virus lain. Saya sendiri sering kerap kali mengecek kelayakan antivirus. Update dan scan secara berkala. Mungkin bagi kamu ini terlihat membosankan. Karena kita diharuskan menunggu sekian lama proses pencarian virus . Untuk menghindari kejenuhan, saya biasa melakukan scanning virus disela - sela saat beristirahat.

Jika antivirus saja sudah dirasa mumpuni, maka mengapa masih bisa ada Iklan yang terpasang di browser ? dan laman web ? Mengapa iklan seperti ini bisa terinstal atau bisa muncul di browser kita?

  • Malware yang sudah terinstal di PC kita
  • Virus browser
  • Browser tidak pernah di update sehingga keamanaan berselancar di Internet mudah di jangkau Malware dan virus
  • Mematikan antivirus atau antivirus tidak di update
  • Anti virus tidak mendukung perlindungan terhadap Browser seperti Google Chrome dan Mozila Firefrox
  • Menginstal dan mengganti halaman awal menjadi Mylucky123, Amulec, Dr.Search, FunnySearch dll.


Apa Dampaknya Bagi Komputer ? 

Setelah saya buktikan sendiri ternyata dampaknya cukup membuat kita menghabiskan waktu untuk memperbaikinya, Seperti :

  • Komputer tiba - tiba bekerja lebih keras, pada Task Manager terlihat RAM terpakai hampir 100%
  • Banyak program muncul dan bekerja di tampilan Task Manager.
  • Aplikasi yang sedang dijalankan terasa berat bahkan loading Internetpun ikut terganggu
  • Ketika kita mengunjungi situs download yang banyak iklan, kita akan lebih mudah di alihkan ke halaman iklan ( Iklan Pop Up ) dan terus menerus begitu yang seharusnya sudah pada halaman link download.
  • Akan ada program yang tidak kita Instal namun Terinstal otomatis Seperti Amulec, WinShare, YAC ( Yet Another Cleaner ) dan lain - lain di " Add or Remove Programs "
  • DNS pada TCP IP kita akan berubah sendirinya.
Untuk mengganti DNS pada IP pada Windows 7 dan 8 sangat Mudah, klik kanan pada Logo Sinyal Bar maupun Kabel Lan, pilih Open Networdk and Sharing Center.

Kemudian lihat " Connection " yang menunjukan koneksi yang terhubung dengan Lepi / PC kita. Klik, maka muncul kotak Internet Propertis klik Connection.

Kamu akan melihat Properties pada tampilan tersebut, Klik dan pilih IPv4, Ganti DNS menjadi 8.8.8.8 dan bawahnya 8.8.4.4



Menyebalkan bukan dampak yang kita terima ?

Kerenya, apabila Laptop maupun PC sudah tertempel malware dan virus seperti ini maka kemungkinan virus dan malware ini terinstal kembali akan sangat mudah.

Sehingga sebaiknya sobat menguninstal Software - software pembawa virus ini memakai Revo Uninstaler Portable, Bersih hingga file penyimpanan sampai Registrynya.

Baiklah, cara mengatasi iklan yang selalu muncul seperti ini di Chrome sangatlah mudah. Sebelum itu mungkin saja masalah iklan di tampilan Blog kamu terjadi karena, Sobat lupa menonaktifkan  Opsi tampilkan iklan di Blog pada Penghasilan



1. Buka Google Chrome dan Hubungkan Internet

Buka Chrome kamu dan pastikan sudah tersambung Internet. Pastikan juga browser kamu sudah dalam versi terbaru untuk menhindari browser kamu tiba - tiba tidak merespon.

2. Buka Ads Block Plus dan Pasang pada Pengaya Chrome kamu

Buka Ads Block Plus, Lalu pilih Add to Chrome. Tunggu sampai proses Instalasi selesai.

Setelah selesai maka otomatis sudah akan terinstal sebagai pengaya yang di aktifkan ( Enabled )

Ads Block Plus ini ialah pengaya yang disediakan pada Google Chrome untuk memblokir iklan browser.

3. Buka Website atau Blog yang kamu Anggap selalu muncul Iklan yang Mengganggu

Langkah terakhir yang sangat mudah, Buka alamat Website situs Download maupun Blog kamu yang sebelumnya terdapat Iklan yang gak jelas.

Jika berhasil kamu sudah tidak menemukan tampilan iklan itu lagi.



Mudah kan ? Sekarang tampilan Blog saya sudah bersiih dari Iklan menganggu.

Apa Keuntungan memasang Ads Block ?

  • Mencegah adanya  kesalahan klik oleh diri sendiri
Sebenarnya Iklan yang tampil pada Blog bukan karena ulah kita, bisa juga disebabkan oleh virus, malware.

Sehingga kalo kita sendiri tidak sengaja melakukan klik. Tentu saja selain rugi waktu, bisa saja halaman web tersebut membawa virus - virus yang lain

  • Mempercepat Loading laman
Tentu saja, Iklan ilegal yang terblokir akan menambah beban loading karena penambahan data pada suatu halaman web.

Namun, jika kamu memasang Ads Block maka hal ini bisa di minimalisir. Dengan loading yang friendly tentu saja akan memberikan kenyamanan dalam berselancar di Internet.

  • Mencegah adanya virus, malware dan Spyware
Tidak dapat dipungkiri peran Internet sebagai kebutuhan kita sudah merupakan hal yang penting. Salah satu kekurangan Internet ini ialah penyebaran virus, malware dan spyware yang beredar luas.

Karena dengan Internet batas tidak menjadi penghalang, bahkan bagi virus. Oleh karena itu kita memerlukan pembatas untuk mengurangi beban kerja anti virus juga, hehe.

Salah satunya dengan mengeblok Iklan Online. Tidak semua iklan bersih. Ada beberapa Iklan yang sengaja disisipi virus. Jika sudah terjangkit virus dan kawan - kawanya ini. Tentu saja kita akan merogoh kocek hanya untuk instal ulang, Merogoh waktu untuk melakukan pembersihan.

So, buat sobat yang ingin terselamatkan dan terhindar dari golongan orang - orang yang merugi, hehe becanda. Ya, pasang aja Ads Block ini. Gratis.

  • Dapat mengecualikan Situs tertentu
Fitur inilah yang memang seharusnya ada. Karena ada beberapa Blog / Web yang bergangung pada penghasilan Ads / iklan yang ia tayangkan. Sehingga melakukan Blok iklan pada semua Blog dan Web tentu saja mengurangi pendapatan kawan - kawan senasib kita, hehe.

Jadi, saya sarankan sih silahkan pakai untuk Web / Blog yang terlalu banyak iklan Pop Upnya saja atau situs dengan iklan yang hampir memenuhi layar. But, semua tetap kembali kepada sobat.

Jika tidak merasa terganggu, mendingan ya kita non aktifkan saja Ads Block. Menon aktifkan Ads Block melalui tombol bar di kanan pojok atas tampilan Chrome bukan berarti menonaktifkan Ads Block bagi semua web / alamat url. Namun, hanya pada halaman web yang kita buka atau sedang aktif.

Kekurangan Memasang Ads Block

  • Iklan di Blog tidak tampil alias Blank
Kalau kamu memasang Ads Block, Bagi Blog kita sendiri tentu tidak akan muncul iklan yang tampil. Namun, tidak masalah selama hanya blog sendiri karena kita tidak mungkin mengklik iklan sendiri.

Bagi Web / Blog milik orang lain, yang dengan senang hati memberikan kita tutorial, tips dan trik dan berpegang pada penghasilan Blog atau Webnya maka tentu saja hal ini akan merugikan kawan - kawan kita tersebut.

Sehingga untuk Blog atau Web seperti ini saya sarankan disable Ads Blocknya. Namun, bagi Web yang kurang jelas dan memiliki Pop Up yang banyak. Silahkan saja.

  • Sulit dalam mendownload File di beberapa situs
Jangan kaget jika kamu mengaktifkan Ads Block, ingin mendownload film, musik lalu dibawa ke halaman shortlink atau penyedia penyimpanan online, dan disuruh untuk menonaktifkan Ads Blok.

Ini sudah lumrah. Karena bagi penyedia layanan seperti itu menghasilkan uang hanya dari Iklan. Kalo Iklan aja di Blok bagaimana bisa menghasilkan ? hehe.

Nah, bagaimana ?

Saran saya, silahkan saja gunakan Ads Block. Namun, tetap dalam batas wajar. Karena banyak sahabat - sahabat kita yang bergantung dari penghasilan Ads, seperti Adsence juga. Yang tentu saja lumayan sulit untuk mendapatkan Adsence di Blog ini.

Selamat Mencoba ^_^

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter