Mengapa Saat Ini Sulit Mencari Visitor Blog Organik atau Dari Google ?



Salam sobat Blogger ^_^

Sebuah website entah itu Blog, Wordprees, WIX dan lain sebagainya pasti menginginkan websitenya tersebut ramai pengunjung. Mulai dari yang sudah berdomain sendiri meskipun yang masih ala kadarnya. Seperti Blog ini.

Visitor atau pengunjung, merupakan aset berharga dari sebuah web. Mengapa demikian ?

Kalau tidak ada visitor otomatis tidak akan mendongkrak ranking suatu web di mata pencarian. Pencarian google contohnya yang paling populer. Kalau tidak ada visitor otomatis akan sulit beriklan. Google Adsence contohnya.

Bagi sahabat blogger, yang baru membuat blog. Katakanlah baru memulai perjalanan mulai dari awal. Maka sudah tidak ada kata lagi bagi kamu, kecuali harus benar-benar belajar.

Yang kamu hadapi didepan sana adalah Bloger profesional dengan tingkat ranking tinggi, SEO yang mumpuni dan artikel-artikel yang sudah berada pada puncak klasemen. Dan bukan klasemen sementara lagi seperti moto gp hehe.

Sebelum berbicara banyak mengenai topik artikel ini, saya sudah membuktikan sendiri proses mencari visitor di tahun ini. 2017. Ternyata lebih sulit dari tahun sebelumnya.

Blog pertama saya adalah blog ini. Blog ini dulu sama sekali tidak mengenal SEO. tidak mengenal Blog walking. Promosi melalui FB dan media sosial lain. Murni dari google sendiri.

Saya tertolong dari tema artikel yang diminati banyak orang. Pertama saya menulis artikel mengenai Kumpulan Undangan Lengkap. karena saat itu berprofesi sebagai operator warnet. Kebetulan file undangan banyak ada di PC Server operator.

Tak sengaja, lama kelamaan visitor mulai menaik. Lalu saya lanjutkan dengan membuat artikel lain. Semua pengalaman yang saya dapatkan yang berkaitan dengan tema di blog ini, saya tulis dan jadikan menjadi sebuah artikel.

Nah, setelah berjalan sekian lama ngebloging nih. Saya sempat saat ini membuat blog niche yang hanya terpaku pada 1 tema saja. Karena blog ini blog gado-gado lengkap dengan minumanya hehe. Jadi saya ingin mencoba 1 blog lagi bertema niche.

Walhasil, benar-benar kaget. 3 Bulan saja visitor organik dari google dengan luar biasa menunjukan kepada saya. 0 Visitor. Padahal pengalaman saya bisa dikatakan lebih mumpuni. Karena sudah memiliki pengalaman nge blog dari blog pertama.

Gambar sudah tidak berlisensi hak cipta. Sudah di edit. Tema sudah dirapikan dan lebih simple. Kata-kata dalam blog sudah diperbanyak. Bahkan saya wajibkan minimal 1000 kata pada tiap artikel saya.

Bagi kamu yang penasaran bisa cek langsung di blog saya yang satu ini.Klik Disini

Thats the reality, Jadi buat sahabat yang saat ini penasaran mengapa sih di tahun ini, katakanlah saat ini saja. Kita jadi lebih sulit mencari visitor organik. Kecuali bagi blog lama yang sudah mendapatkan visitor organik terlebih dahulu. Alias nama webnya sudah terkenal.

1. Semakin Banyaknya Website di Internet

Faktor pertama yang membuat kita sedikit kesulitan mencari visitor organik ialah karena semakin banyaknya website lain yang bisa saja bertema sama. Artikel sama serta memiliki kata pencarian yang sama dengan milik kita.

Bagusnya lagi jika web orang tersebut sudah menempati peringkat pencarian google. Dan milik kita malah justru ga naik-naik.

Semakin banyak website diluar sana maka semakin banyak tema artikel. Kesimpulan semakin harus cermat bagi kamu untuk menulis artikel. Cermat untuk mencermati kata pencarian yang banyak dicari, cermat dalam penyampaian kata dalam artikel agar pengunjung termanjakan.

2. Semakin keras persaingan antar penulis artikel

Ya, sebut saja penulis artikel. 2017, sebenarnya ialah tahun yang bila dikatakan adalah tahun dimana kita baru belajar nge blog. Tentu saja terlambat.

Mengapa ? karena saya katakan. Semakin hari para pemburu rupiah online ini semakin cerdas. Mereka belajar SEO, mereka belajar template, mereka belajar menulis artikel dan yang luar biasa lagi mereka belajar dari pengalaman.

Tetapi. Artikel ini tidak dibuat untuk menurunkan semangat kamu. ia kamu. kalau kata dodit mah.

Saya penulis blog warung inspirasi. Dengan ini menyatakan kesulitan juga untuk meraih visitor organik. Jika mengatakan saya kurang SEO, ia benar. Saya tau bahwa kita harus menyisipkan kata pencarian yang lagi trending di artikel saya. Namun, saya belum melakukanya hingga artikel ini terbit.

Jadi kesimpulanya sih, belajar SEO itu modal. belajar kerapian template itu modal. belajar bahasa artikel yang menarik itu modal. Sebenarnya semua itu simple. Semua yang saya sebutkan itu bisa kamu dapatkan melalui belajar dari pengalaman.

3. Semakin Banyak Orang yang menginginkan kerja yang santai

Nah, kalau ini gue banget hehe.

Mengapa ? di zaman modern ini kita hanya duduk melambai dikamera saja sudah bisa dapat uang. Modal pintar ngomong juga sudah bisa dapat uang. Modal membuat artikel juga bisa dapet pundi-pundi uang.

Karena kerjanya yang dipandang lebih fleksibel. Banyak orang sekarang terjun dalam bidang ini. Sebut saja Youtuber dan Blogger. Meskipun jika dipandang dari segi fisik santai.

Bisa kerja sambil chatingan, bisa kerja sewaktu-waktu. Namun, orang yang bekerja sebagai katakanlah youtuber dan blogger ini sebenarnya tidak semudah membalikan telur ceplok.

Karena persaingan yang ketat. Kreatifitas yang terus menurus dituntut. Ide-ide yang harus terus dikembangkan. Tidak mudah mencari ide, bahkan penulispun harus ke WC agar ide itu dapat muncul.

4. Semakin sedikitnya tema artikel

Karena sekarang sudah jamanya lifestyle. Maka kata trendingpun menjadi patokan bagi setiap penulis artikel.

Dulu, waktu saya awal ngeblog. Lifestyle atau trending ini tidak terlalu jadi sorotan. Membuat judul artikel yang pasaran atau banyak menyamai milik orang pun bisa mendapat visitor organik.

Contoh saja artikel saya tentang undangan. Dulu saat saya search. Bahkan banyak sekali artikel mirip yang menyediakan tentang undangan.

Nah, sekarang. Mediapun ikut andil dalam dunia perwebsitetan. Katakanlah BBM. Di BBM saja kita bisa tau berita trending yang disediakan. Orang akan cenderung mengikuti berita melalui aplikasi yang setiap hari dia buka. Ketimbang berita melalui website.

Karena banyaknya jumlah penulis artikel inilah, tema artikel akan menjadi semakin terkikis. Jadi faktor apakah yang membedakan artikel kita dengan yang lain ?

Kelengkapan artikel, bahasa yang baik dan menghibur, bacaan yang menambah wawasan. Inilah yang menimbulkan decak kagum bagi pembaca kita. Sehingga akan ada keinginan melihat beberapa artikel lain di web kita.

5. Tidak Menerapkan SEO, Kurang memperhatikan Template

Itulah mengapa saya menegaskan, Jika saat ini kamu benar-benar ingin serius berbloging dengan mendapatkan hasil maksimal. Maka SEO lah jawabanya.

SEO tidak seribet yang difikirkan. Tidak perlu kita memakai semua tehnik SEO sampai pengeditan robort.txt.

Contohnya saja. Cari kata pencarian paling populer di Internet lalu segera buat artikel tentang itu, sisipkan kata pencarian yang paling banyak dicari, Lihat youtube dan lihat list trending lalu segera buat review artikelnya, Mendaftarkan setiap artikel di google web master tools.

Selanjutnya adalah template. Template yang baik sebenarnya bisa menyesuaikan ukuran alias responsive. Ketika pengguna menggunakan Handphone pun tampilan web kita akan menyesuaikan sesuai tiap inchi yang visitor gunakan.

Kerapian dan keindahan template juga faktor yang penting. Ada 2 kesan ketika kita berkunjung ke web orang. Yang pertama suka dan ingin berkunjung lagi. kedua kurang suka dan kapok tak akan berkunjung lagi meskipun kangen.

Saya pernah mendapati blog, dengan background full orange, tulisan berukuran jumbo pake warna merah pula. Apa yang ada dibenak sahabat coba ?

Tentu saja sobat akan berfikiran ini blog apa buku mewarnai ? Namun, semua sebenarnya terserah selera saja. Silahkan membuat blog dengan kreasi sahabat. Tidak ada salahnya.

Dan tidak ada salahnya juga jika visitor tak mau berkunjung lagi. Karena kita membuat apa yang kita suka. Dan tak tau apakah orang lain akan suka juga.
Baca Juga : Tips Dasar Untuk Blogger Pemula
Nah, Bagi kamu yang penasaran mengapa sulit mendapat visitor. Mungkin beberapa poin diatas bisa menjadi salah satu obat dari pertanyaan kamu. Ingat artikel ini bukan bermaksud dan bertujuan untuk menurunkan semangat juang kamu. Artikel ini dimaksudkan agar kita memiliki pandangan kedepan apa yang harus dilakukan.

Semoga bermanfaat ^_^

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter