Cara Memotong Video Secara Online Tanpa Instal Software



Apakah anda sedang mengalami kesulitan untuk pemotongan vidio ? Tidak punya softwarenya ? seperti Adobe After Efect ? Punya, namun kesulitan memahaminya ? Apakah ada cara memotong vidio tanpa harus kita menginstal software editing berukuran besar ? 

Jawabnya tentu ada. Bahkan seorang editor vidiopun dapat kesulitan memotong vidio jika dia sedang keadaan tidak didepan komputer dan hanya bermodal android.

Memotong vidio bukan merupakan hal yang sulit. Di tutorial ini kita hanya cukup memiliki koneksi internet dan vidio yang akan kita potong. Tentu saja tanpa instal software apapun.

Berikut tutorialnya :



Cutter Video Online merupakan web yang berfungsi untuk memotong vidio gratis. Tanpa daftar tanpa login dan tanpa ada iklan pop up.

Tampilanyapun simple. bahkan orang awam editing pun dapat mengira-ngira bagaimana web ini dapat dengan mudah memotong vidio.



Klik Choose File dan Pilih Vidio yang akan di Potong



Kamu bisa memotong vidio dalam format apapun. MP4, AVI, MKV maupun 3gp. 

Semisal saya ingin memotong vidio " Kakashi's Sharingan " yang telah saya download.


Baca Juga : Cara download vidio youtube ke format mp3/vidio tanpa instal software

Sebelum kamu melakukan proses crop, sebaiknya kamu hafalkan menit dan detik dari awal vidio yang kamu inginkan dan menit serta detik akhir sebagai penutup vidio.

Contoh : vidio yang akan saya crop memiliki durasi mulai dari menit 00:01 sampai 01:47. Namun, yang saya butuhkan hanya dari menit ke 1 detik ke 37 sampai menit ke 1 detik ke 45.

Maka penulisan yang benar nantinya adalah 00:01:37 sampai 00:01:45.



Masukan Menit dan Detik awal dan akhir vidio




Perhatikan Start Posisition dan Duration. Mungkin sebagian dari kamu bingung jika ada start posisition harusnya ada end posisition. Akan tetapi yang ditanyakan malah durasi ?

Start Position : Menit dan detik awal vidio. ( Dalam hal ini menit dan detik mulainya vidio sesuai keinginan kamu )

Duration : Duration ini ialah menit dan detik akhir vidionya. ( Menit dan detiknya pun bisa kamu sesuaikan sesuai keinginan kamu )

Jadi jika tadi kita sudah belajar bagaimana format penulisanya tinggal kita masukan saja.

Karena saya hanya menginginkan vidionya mulai dari menit ke 1 detik 37 sampai menit ke 1 detik ke 45, maka saya masukan sesuai format diatas.

Setelah itu silahkan klik Submit.



Tunggu Proses Upload Selesai dan Download



Disaat proses Upload ini, vidio kamu akan terupload pada server web tersebut. Seperti saat kita mengupload foto kita di Facebook.

Hanya saja proses upload video kamu disini lumayan lebih cepat. Tergantung dari seberapa besar ukuran vidionya dan koneksi internet kamu. Karena saya menggunakan vidio yang hanya sebesar 3 Mb maka waktu yang dibutuhkanpun tidak terlalu lama.




Setelah proses pemotongan vidio selesai silahkan scroll kebawah sampai pada Output File.

Disini ada 2 cara untuk mengunduh vidio yang sudah kamu potong tadi.

1. Apabila kamu ragu, dan ingin melihat hasil vidio apakah sudah terpotong sesuai menit dan detik yang kamu mau klik link yang ditandai kotak warna hijau. Lalu klik kanan vidionya langsung save as dan save.

2. Kamu sudah yakin dan ingin langsung mendownload, langsung saja klik icon download seperti pada kotak warna biru.

Untuk berapa besar ukuran vido maksimal yang bisa kamu crop di website ini, saya sendiri tidak mengetahui. Karena memang jarang croping vidio.

Namun, cara inilah yang menurut saya paling praktis dan mempermudah pekerjaan saya saat itu.

Selamat mencoba. . .

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter