Mengatasi virus browser MyLucky123, DozenSearch dan kawan - kawan pada Google Chrome

Salam sobat, Blogger..

Pernahkah sobat tiba-tiba mengalami hal ini. Halaman Beranda sobat tiba - tiba berubah seperti ini :




Sudah ganti halaman beranda dan pengaturan search engine akan tetapi masih tidak berubah ? Mulai lapar ? Mulai kesal ? Dibenak terbayang untuk instal ulang Windows ? tenang saya akan berikan tips menghapus program malware ini sesuai pengalaman saya. Akan tetapi silahkan simak faktor malware ini kenapa bisa masuk dalam PC Sobat :

1. Anti Virus sengaja dimatikan.

2. Main Instal Software / Game / Program di PC

3. Sering mengunjungi Website yang terinstal malware ( Iklan yang terinstal Malware )

Lalu apa saja faktor resiko yang bisa muncul ?


  • Akan selalu diarahkan ke Link yang tidak jelas
Apabila sobat tidak menghiraukan hal - hal sepele seperti ini, seperti saya contohnya. Maka setiap sobat membuka website dengan iklan - iklan Pop Up yang banyak. Sobat, bakalan selalu diarahkan ke jendela baru / Iklan Pop Up yang baru tanpa henti. 

Ngeselin kan?
  • Komputer akan bekerja lebih berat
Saya mengamati konsumsi Disk mudah sekali 100% ternyata ada program bawaan dari virus seperti ini, yaitu "ED2K Link Handler". 

Dijalankan dari software bernama AMULEC. Tentu saja inilah yang menyebabkan hal ini terjadi.
  • Browser akan selalu merestart otomatis setelah terinstal virus
Kebayang gak saat kita mau bales chat cewek di Facebook terus tiba - tiba Browser Chrome kamu tertutup sendiri ? kebayang ngeselinya kan ? atau malahan saat menulis Blog lalu tertutup dan restart ? ngeselin banget deh pastinya.

  • Kemungkinan Masuknya Hacker / Malware / Virus lebih rentan
Tentu saja, karena program ini sebenarnya bertujuan untuk itu. Selain menjadikan Browser kita penuh dengan Iklan. Bahkan pada tampilan Blog kita sendiri yang tidak terpasang Iklan.


Simak Juga : Cara mengatsi Iklan yang selalu muncul di Google Chrome


Untuk Menghilangkanya secara tuntas dari peramban Google Chrome sobat, Berikut caranya :


1. Ganti Start Up Pages dan Search Engine

Masuk menu Setting pada Google Chrome / ketik di halaman url chrome://settings/

Hapus alamat Url homepagenya ( seperti www.MyLucky123.com / DozenSearch.com ) atau hapus saja semua lalu masukan Url alamat website yang ingin dijadikan sebagai homebar / alamat url yang tampil diawal saat anda membuka Google Chrome. Contoh saya memasukan alamat www.youtube.com

Hapus Mesin Pencari / Search Engine mencurigakan yang terdeteksi di Google Chrome. ( MyLucky123 / DozenSearch Dll )

Klik Manage Search Engine. Hapus semua mesin pencari yang mencurigakan kecuali Google /  Yahoo. Contoh hapus MyLucky123 / DozenSearch.

Langkah selanjutnya Ubah Search Engine ke Google / Search Engine lain yang sobat rasa tidak mencurigakan.


2. Download Chrome Cleanup Browser

Chrome Cleanup Browser merupakan Software berukuran Kb yang dibuat oleh Goolge Chrome untuk mengatasi masalah seperti ini. Untuk mendownloadnya silahkan download dari Google Official Site


Setelah Selesai Mengunduh, Jangan dibuka / dijalankan terlebih dahulu. Silahkan ke langkah selanjutnya.


3. Matikan Koneksi Internet

Kenapa harus mematikan Koneksi Internet ? Karena malware ini akan otomatis datang lagi ketika kita menghapusnya jika terkoneksi dari Internet.


4. Hidupkan AntiVirus

Langkah ini berfungsi untuk mencegah Malware browser ini terinstal kembali. Saya merekomendasikan Antivirus Bawaan Windows yaitu Microsoft Security Essential untuk Xp dan Vista, Windows Defender bagi Windows 7, 8, 8.1, 10 yang mana sudah otomatis ada di PC kita atau antivirus lain 

Untuk Windows 7 ketika di kolom Search "Windows Defender". Untuk Windows 8 / 8.1 Ketikan juga windows Defender di Search.

5. Jalankan Chrome Cleanup Browser Tool

Jalankan Chrome Cleanup Browser Tool. Tunggu sampai Proses Scan selesai. Otomatis Google Chrome akan terbuka / Memberi saran kepada sobat untuk mereset Setting. Jika tidak, silahkan buka Setting pada Google Chrome ( Seperti pada Poin 1 ). Lalu scoll kebagian paling bawah.


6. Hapus Bookmark

Untuk menghapus Bookmark ini sobat bisa menggunakan CCleaner atau Manual dengan cara berikut :



7. Bersihkan Virus ini di Registry

Buka Registry dengan cara tahan tombol keyboard Windows + R atau Run lalu ketikan regedit


Apabila sudah terbuka Registry. Klik Folder paling atas agar saat mencari bisa urut dari atas ( mulai awal )


Setelah itu tekan Ctrl + F pada keyboard sobat. Ketikan Nama virus browser tadi. Semisal MyLucky123. Maka ketikan lalu Enter atau Find Next dan tunggu sampai proses pencarian selesai.

Apabila sudah selesai maka kita akan melihat registry dengan kata kunci "MyLucky123" klik 2x dan hapus. Bukan Registrynya dihapus lo yah ? Klik 2x Value registrynya lalu hapus.


Lanjutkan sampai Registry sudah tidak mendeteksi kata kunci "MyLucky123"


8. Uninstal Program mencurigakan dengan aplikasi Removar tool yang handal

Untuk masalah yang satu ini, saya anjurkan untuk tidak main - main. Kenapa ? Software yang terinstal akan menyisakan file, folder dan registry meskipun telah kita uninstal dengan cara " Add or remove Program " yang telah ada di Windows.

Saya rekomendasikan untuk mendownload Revo Uninstaller Portable. Kenapa Portable ? karena tanpa instal software dan versi portable ini lebih simple ( tinggal klik Aplikasi dan bum berjalan sesuai perintah kamu ) dan tidak terdeteksi versi trial, Hanya saja tidak bisa Update versi.

Klik Diatas untuk mendownload Revo Uninstaller Portable
Setelah download, extract dengan winrar dan jalankan aplikasi. Berikut ada program yang membawa malware.


Selain Amulec, setelah saya amati ada software yang mencurigakan. Kita ga pernah instal tuh program tapi udah terinstal sendiri di PC, contohnya Interhope, dan program Converter. Apapun yang mencurigakan segera uninstal.

Setelah proses Uninstal selesai Scan untuk mengetahui ada kotoran - kotoran yang masih melekat. Pilih Advance lalu next.

Setelah selesai Scanning, Maka sobat bakalan ngeliat tuh file yang tertinggal. Langkah terakhir silahkan klik Select all lalu Delete. Dan kelar deh program berhasil di uninstal dengan bersih. 


9. Scan Komputer sobat dengan Anti Virus

Buka Antivirus sobat lalu lakukan Scan. Saya merekomendasikan hanya Local Disk C saja. Namun, sobat boleh melakukan Scan secara Full.


10. Restart Komputer Lalu nyalakan Koneksi dan buka Google Chrome / Tutup Google Chrome lalu buka kembali tanpa Restart

Setelah saya selesai langkah diatas, saya tidak menjumpai lagi home page saya terdeteksi virus. Namun, beberapa kasus masih keluar. Saya sarankan ulangi langkah 1 saja lalu tutup Google Chrome dan buka kembali.

Tips :

Apabila Pc / Laptop sobat selalu kambuh lagi, silahkan terapkan 8 terlebih dahulu jika tidak ada programnya sama sekali cukup reset google chrome dan ganti home page dan Search engine nya seperti cara diatas, Semoga tips diatas bisa membantu sobat. Silahkan tinggalkan komen apabila masih mengalami kebingungan.

Apabila tips diatas tidak mempan, alias kambuh - kambuh mulu. Saya sarankan untuk menscan dengan "AdwCleaner" atau "Malware Bytes" Softwarenya pun banyak bertebaran di Internet..

Related Posts

6 comments

  1. Thanks bermanfaat banget. Berhasil juga cuman pake cara 1 sampe 2 aja nih.

    ReplyDelete
  2. bermanfaat banget nih gan . Thanks Tutorialnya gan :D
    Ditunggu Tutorial Lainnya gan (y)

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter