Cara Scan, Prin dan Foto Copy Menggunakan Hp Color Lasserjet Pro MFP M177fw

Salam sobat blogger ^_^

Kali ini saya bakalan berbagi cara Scan prin sekaligus foto copy dalam 1 media prin yaitu Hp MFP M177fw.

Tutorial ini saya buat karena sesaat setelah tempat magang saya membeli printer baru super gede ini dan sama sekali tidak tau bagaimana menyalakan dan pengoperasianya. Parahnya Box berisi panduan manual Prinya di buang hehe.

Ok hal pertama saat pertama kali membeli printer jenis ini ialah :

1. Pasang Kabel Power Printer beserta Kabel Usb

Memasangnya cukup mudah kabel power tinggal sobat tancapkan ke printer dan ujung yang lain menuju stop kontak, ingat kabelnya jangan tangan sobat ya yang di tancapkan.

Selanjutnya untuk kabel USB Printer masih sama tinggal tancapkan saja di printer sebelah kanan bagian belakang printer, lalu menuju ke Port Usb / colokan Usb Computer. Nah sampai langkah ini komputer sudah memindai jenis prin namun tidak bisa menjalankanya.

2. Download Driver dan Instal

Silahkan sobat download drivernya dari CD bawaan atau juga bisa dengan mendownload. Lalu instal aja dengan mengikuti perintah instal yang ada.


3. Menjadikan Printer sebagai default.

Sobat bisa mengatur Printer Hp M177fw ini menjadi default agar tidak perlu menggonta ganti jenis printer saat akan mencetak dengan cara :

  • Masuk Control Panel
  • Device Printer
  • Perhatikan jenis Printernya, Klik kanan Printer HP Color Laser Jet Pro Mfp m177fw PCLms usahakan sama jangan sampai salah mengklik yang Series Fax
  • Pilih Set As Default Printer
4. Mencetak Dokumen

Saya rasa cara ini sangat familiar, silahkan buka documen Microsoft Word dengan tulisan apapun lalu coba prin. Dan Bum ga akan ada apa".

Kok bisa ? karena belum memasukan kertas. Jadi silahkan masukan kertasnya di bagian bawah. harus lurus ya agar tidak terjadi kendala pada printer saat menyedot kertasnya.


lalu silahkan dicetak dengan cara Ctrl + P, tunggu sampai proses cetak selesai. Apabila tidak ada kendala maka sobat sudah dipastikan sudah berhasil mengkoneksikan antara Printer, PC dan program PC sobat.

5. Scan Dokumen

Lanjut pada langkah selanjutnya, yap, menscan dokumen. Caranya mudah juga kok, Silahkan sobat buka tutup bagian atas Printernya, kalau sudah terlihat tempat dari kaca yang digunakan untuk meletakan kertas maka sobat tinggal meletakanya. Pastikan proses peletakanya tidak miring.

Lalu silahkan berfokus kepada Layar monitor / Dekstop sobat, setelah sobat berhasil menginstal driver printer tersebut maka sobat akan menjumpai icon baru di Dekstop. Yaitu HP Color Laser Jet Pro Mfp m177fw Scanner.

Langkah yang perlu sobat lakukan ialah klik 2x icon printer bertuliskan bla bla bla scaner tersebut. Setelah itu silahkan atur sesuai dengan kebutuhan sobat. Contohnya ingin mensecan dokumen lalu menjadikan hasil scan tersebut dalam format PDF, atau Jpeg. Silahkan di pilih pilih.

Lalu langsung aja Scan dan simpan di Komputer kamu.

6. Foto Copy 

Nah, karena sangat jarang ada website memberikan tutorial tentang jenis printer ini saya rasa sobat akan kebingungan menghadapi jenis printer yang mirip kardus ini. Gampang kok asal tau caranya hehe..


  • Pertama silahkan letakan Dokumen / Kertas yang ingin di foto copy (Cara peletakan sama seperti Poin nomor 5)
  • Fokus kepada layar touch Screen pada printer.
  • Pilih Salin / Copy jika bahasanya Inggris.
  • Sobat akan melihat berbagai pengaturan, Simak penjelasanya :
Fitur dengan gambar angka merupakan seberapa banyak sobat ingin mengcopy dokumen tersebut. Contoh di layar tertera angka 1 maka dokumen akan di foto copy sebanyak 1x.

Bagaimana cara memperbanyak jumlah Copy ?

Perhatikan tanda panah di samping angka, panah ke kiri untuk megurangi jumlah cetak dan tanda ke kanan untuk menambah jumlah cetak

Sedangkan  gambar - dan + pada bawah angka dipergunakan untuk memperbesar dan memperkecil Hasil Foto copy.
  • Setelah mengatur rangkap berapa kita melakukan foto copy, pandangan sobat sekarang menuju ke layar touch screen printer yang bawah dimana ada tulisan Black dan Colour. Jika Black maka hasil foto copy akan hitam putih jika Colour maka hasil Foto Copy akan berwarna.
  • Setelah kamu menyentuh pengaturan Black dan Colour tadi maka otomatis Printer akan melakukan Scan dan Cetak. Silahkan tunggu sejenak sambil menikmati secangkir air putih hehe..

Nah, gimana gampang kan ? Untuk beberapa gangguan yang terjadi pada printer akan saya posting in the next episode. Kalau masiha da pertanyakan silahkan bertanya di kolom komentar.

Selamat Mencoba ^_^

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter