Tips buat kamu yang baru pertama kali Nge Blog


Salam Sobat Blogger ^_^

Ya, meskipun saya sendiri masih baru di dunia Blogger ini, namun, saya akan membagikan pengalaman saya bagi sobat yang ingin membuat Blog namun, masih bingung kira - kira apa saja yang harus dipertimbangkan.

Membuat suatu rencana untuk kedepan memang perlu pemikiran dan tentu saja kalo kebanyakan mikir kita akan pusing sendiri dan akhirnya 2 piring nasi bisa abis di telen piringnya hehe,.. 

Okey, Tips berdasarkan pengalaman saya nge blogging ini salah satunya adalah menentukan Jenis Blog, Dari paparan para master blogger ada 2 jenis Blog secara Universal :

1. Blog Niche

Jenis Blog yang satu ini adalah jenis blog yang banyak menuai anggapan positif dari pengikutnya. Mulai dari pengamat sampai pengikutnya maksudnya. Pengertian dari Blog Niche ini sendiri ialah Blog yang hanya fokus pada 1 tujuan saja / tema.

Contohnya saja Kita ingin membuat Blog yang berisi tentang Hal - hal aneh. Misalkan isinya ialah " Karena kentut sembarangan orang ini di Somasi " dan lain - lain sebagainya, contoh lain ialah membuat blog berisi tentang Teknologi.

Orang yang menganut jenis Blog ini tidak akan membuat postingan / artikel yang keluar jalur tema, Seperti Kamu memiliki Blog bertema kesehatan, tidak baik jika membuat Postingan tentang Harga Handphone terbaru.

Keuntungan : ( Hasil Survey )
  • Memiliki nilai + di mata google adsence ( Situs Iklan resmi google yang akan memberikan anda penghasilan )
  • Apabila Blog sudah ramai, maka jumlah viewer dan ketahanan ranting Blog cepat naik serta tidak mudah menurun.
  • Apabila di terima Google Adsence, CPC atau hitungan dolar setiap klik iklan di blog anda cenderung stabil bahkan bisa menaik.
  • Pembaca akan lebih ketagihan saat melihat isi postingan yang menjurus ke postingan lain yang relevan atau sesuai minat.
  • Akan mudah diterima mesin pencari karena setiap postingan memilki kaitan dan kata pencarian yang sama atau mirip.
Kekurangan : ( Hasil Survey )
  • Tidak bisa berimprovisasi karena hanya berpatok pada satu tema
  • Cenderung lebih sulit untuk mencari ide tulisan jika postingan sudah banyak
  • Jangka Postingan relatif lama karena Ide tulisan yang relatif lebih lama
  • Pengunjung mudah menurun jika Artikel dalam Blog hanya sedikit, Jangka update Pos yang lama dan Judul serta isi yang kurang menarik.
2. Blog Gado - Gado

Sayur ada, Kuahnya ada, Irisan telur rebusnya ada, Irisan daging ayam juga ada, Bisa pakek sambel pecel, krupuk disediakan beserta kacang goreng hehe yap, itulah Gado - gado. Namanya aja gado - gado pasti campur aduk.

Namun, gado - gado kali ini bukan membahas tentang kuliner, melainkan Jenis Blog Gado - Gado. Penulis Blog yang menyukai kebebasan saya rasa akan lebih menyukai Blog seperti ini. Blog Gado - Gado ini berbeda dengan Blog Niche di atas, Blog Gado - Gado memiliki isi konten yang beragam dan bebas sesuai kehendak penulisnya.

Singkatnya Blog Gado - Gado adalah Blog yang memiliki Isi konten yang beragam mulai dari teknologi, Informasi update, Kesehatan, Kuliner di campur jadi satu dalam satu Blog.

Bagaimana apakah sobat menyukai Blog bertema seperti ini ?

Blog sayapun inipun merupakan Blog Gado - Gado hehe, Namun, alangkah baiknya jika tidak terlalu banyak tema yang kita masukan. Contohnya saja Blog ini sebenarnya Blog ini saya buat karena ingin berbagi pengalaman ( Informasi ) yang saya dapatkan langsung dan saya praktekan langsung.

Pasti sudah ada imajinasi kan, mau buat Blog bertipe apa ? Eits,. tapi jangan main suka aja ya lihat bebet,bobotnya juga seperti berikut :

Kelebihan : ( Pengalaman )

  • Ide postingan yang tidak terbatas
  • Mudah mencari Ide postingan
  • Mengunggulkan Postingan yang populer untuk menaikan ranting postingan baru / lemah pengunjung lainya.
  • Lebih santai dan Fleksibel
Kekurangan : ( Pengalaman dan Hasil survey )

  • Jumlah visitor / pengunjung cenderung naik turun
  • Harus mengelompokan setiap postingan berdasarkan tema melalui label
  • Harus mengelompokan jenis Iklan ( Adsence dll ) sesuai tema di tiap postingan, contoh Iklan tentang merek Hp terbaru kita taruh di Postingan bertema teknologi
  • Hanya mengandalkan postingan yang paling banyak di baca orang untuk mengklik postingan lainya
  • Ranting dalam google search / pencarian google cenderung tidak mudah untuk berada pada peringkat atas apabila viewer postingan sedikit
  • Bisa diterima Adsence namun akan lebih diutamakan Blog Niche
  • Harga iklan adsence di Blog Gado - Gado cenderung murah dan bisa semakin menurun karena pihak advertiser mulai bosan, Jika iklan mereka tampil di postingan yang berbeda tema. Contoh iklan kesehatan di tampilkan pada Postingan bertema Teknologi
Bagaimana ? sudah mempunyai gambaran ingin membuat Blog bertema Niche atau Gado - Gado ?

Semuanya bagus kok, selama tidak melanggar ketentuan google, seperti blog hasil copas, melanggar hak cipta dll.

Selanjutnya setelah menentukan tema blog, yang sobat perlu lakukan selanjutnya adalah memilih template Blogger. Mengapa kita harus memilih template Blogger

  • Template Blogger digunakan sebagai tampilan Blog kita
  • Menarik perhatian viewer
  • Memperindah Blog kita 
  • Salah satu syarat di terima Adsence. ( SEO Friendly and Responsive Template Blogger )
Lalu apa saja template blogger yang bagus untuk Blog kita ? Berikut adalah tips dan saran memilih Template Blogger dari pengalaman saya.

  • Pilihlah template Blogger yang simple dan Sederhana.
Mengapa harus simple dan sederhana ?

Salah satu kebahagian setiap Blogger adalah bisa berbagi sekaligus mendapatkan hasil dari iklan di Blognya. Contohnya saja Adsence situs penyedia iklan resmi milik Google.

Kita tahu bahwa Google menyukai sesuatu yang simple dan sederhana. Dari para Blogger maniapun banyak yang merekomendasikan Template Blog itu yang sederhana saja.

Selain lebih mudah perawatan dan pengaturanya apabila memiliki Blog yang bertemplate seperti ini tentu saja bisa tetap memiliki nilai keindahan meskipun sederhana dan simple.

  • Pilihlah Template Blogger SEO Friendly Responsive baik dari PC maupun Mobile
Apa sih maskudnya SEO Friendly Responsive ?

Maksudnya adalah Memiliki pengaturan SEO dan tampilan yang responsive, sehingga tidak memberatkan browser. Template seperti ini memiliki loading yang cepat, Responsive dan Mobile Friendly.

Loading yang cepat dan sederet keunggulan lainya inilah yang menjadi nilai +, Selain memanjakan pengunjung, template seperti ini juga di sukai oleh Google.

Contoh template Blog SEO friendly seperti yang gunakan adalah Sang SEO buatan dari Kang Mousir. Blogger Indonesia yang dibagikan secara gratis meskipun ada yang versi berbayar / Pro.

Setelah sobat menentukan jenis Blog apa yang cocok buat sobat, lalu sudah dapat templatenya. Langkah selanjutnya ialah merapikan tampilan template Blog yang sudah sobat gunakan tadi.

Termasuk menambah fitur seperti Label, Mengganti nama menu Header termasuk menu Dropdownya apabila ada, dan masih banyak lagi. Penjelasan dan cara yang sebutkan di atas akan saya posting pada artikel saya selanjutnya.

Mengapa perlu merapikan tampilan Blog terlebih dahulu?

Anggap saja kita buat mie goreng lalu kita memasukan semua bumbu, namun tidak kita aduk, atau kita aduk namun belum tercampur rata dan hasilnya kita berikan kepada temen atau siapa saja misalnya.

Alasan ini berdasarkan pengalaman saya, Dimana ternyata membenarkan tampilan Blog terlebih dahulu itu lebih penting dari pada tiba - tiba kita memposting banyak artikel dan menjadi ramai, hal ini karena didasarkan pada apabila sobat sudah ramai dan ingin mendapat penghasilan maka saya bisa yakin blog sobat akan ditolak,

Orang yang ingin bekerja sama dengan kita entah untuk meminta jasa penulis artikel tidak tau kontak kita karena kita tidak membuat Menu kusus " Contact " meskipun hanya bisa berkomentar, namun, pada kasus saat pertama kali merubah template / memasangnya akan ada problem bahwa kolom komentar tidak bisa muncul alias loading terus.Bahkan setelah memasang label.

Silahkan simak :Related Post tidak muncul setelah Memasang Label ? Ini dia solusinya

Termasuk menambahkan Kalimat di atas komentar sebagai salah satu peraturan apabila ingin berkomentar, seperti berikut : ( Berkomentarlah dengan .... )


Silahkan simak caranya di sini : Cara mengatasi tidak bisa membalas Komentar dan Menambahkan kata - kata diatas kotak Komentar pada Blog

Setelah semua hal diatas menjadi tolok ukur bagi sobat, selanjutnya ialah tujuan utama sobat membuat blog. Yaitu memposting artikel yang bermanfaat bagi orang lain, entah apapun itu sesuai jenis Blog sobat.

Selama bermanfaat dan tidak melanggar hak cipta. Perlu diperhatikan dalam postingan kita untuk memperhatikan hal berikut :

  • Kurangi Postingan melanggar Hak Cipta
Apa itu melanggar Hak Cipta ?

Situs download software yang di crack maupun film dan yang lain sebagainya, dimana di dalam situs tersebut memiliki konten orang lain yang tidak diizinkan di download gratis.

Mengapa ? Karena dalam salah satu peraturan google adsence mengatakan Adsence tidak dapat dipasang pada web dengan konten melanggar hak cipta. 
  • Kurangi Gambar / Screnshot dan Vidio pada setiap postingan
Jika sobat memiliki keinginan untuk mendapatkan penghasilan melalui iklan resmi milik Google yaitu Adsence. Maka hal ini penting, Kurangi gambar menurut beberapa pengguna blog lain minimal ialah 2 gambar pada setiap blog, Kurangi Vidio pada Blog yaitu maksimal 1 vidio saja.

Namun, abaikan jika sobat tidak memilih adsence atau ingin mendapatkan penghasilan dari blog. Ada beberapa situs pengiklan yang tidak menjadikan hal ini sebagai syarat diterima. So, its your choice.
  • Kurangi Link menuju ke website Luar
Hal ini juga faktor peraturan pada google adsence, mengurangi link aktif pada postingan kita. Bahkan komentar kita, jika terlalu banyak komentator - komentator yang meninggalkan jejak link pada kolom komentar sebaiknya kita menghapusnya.
  • Jangan gunakan situs pengiklan Click Adverstiment automatic
Apa itu ? hehe sengaja pakai bahasa inggris biar keren. Maksudnya adalah jika ingin Blog kita naik ranting dengan viewer yang tinggi maka hindari hal ini pada blog baru sobat.

Yaitu penyedia jasa iklan dimana jika kita mengklik apapun di halaman blog kita maka tiba - tiba akan muncul iklan di halaman baru maupun tab baru, Hal ini selain akan memberatkan PC pembaca blog kita maupun mobile nya selain itu hal ini memberikan kesan negatif bagi pengunjung. Kecuali pengunjung yang sabar hehe
  • Perbanyak kata - kata pada postingan 
Untuk 1 blog minimal ialah 300 kata, patokan ini saya dapatkan dari berbagai sumber. Ada yang mengatakan 400 kata bahkan 600 kata. Jadi perbanyak aja deh setiap kata - kata pada postingan, asal jangan kata - kata modus ya ? hehe.
  • Gunakan pengaturan Font yang tidak berlebihan dan kerapian 
Saya pernah berganti - ganti template, template pertama saya terlihat wow gitu saat ukuran fontnya agak besar. Namun, untuk template blog saya saat ini font yang normal aja sudah cukup sexy dilihat mata.

Buat sobat yang ingin memposting perhatikan ukuran huruf, sebaiknya gunakan huruf yang tidak terlalu tebal / tipis dengan ukuran yang normal - normal saja tidak berlebihan. Serta kerapian setiap kata - kata seperti pengaturan paragraf (  Alignment / Rata kiri kanan )

Demikian sobat, beberapa tips buat kamu yang ingin memulai perjalanan di Blog, sebenarnya intinya sih "sederhana" saja, ga wajib kok blog harus wah gitu, sederhana saja. Namun, semua orang punya hak masing - masing,

Jadi silahkan saja. Google juga menyukai kesedeharnaan sehingga bagi kamu yang ingin beradsence patut memperhitungkan hal ini.

Mengapa saya selalu membahas adsence ? Matre? ia. eh engga sobat hehe, duit mah udah ada yang bagiin kan ? toh rejeki juga bukan duit doang.

Karena pengalaman temen - temen termasuk saya sendiri sebagai blogger mania pemula setelah berjalan beberapa bulan nge blog rasanya kurang kalo ga ada vitaminya, hehe. Ia yaitu bisa menghasilkan.So, buat selanjutnya akan saya perbarui postingan saya ini berdasarkan pengalaman saya.

Semoga bermanfaat ^_^

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter