Related Post tidak muncul setelah Memasang Label ? Ini dia solusinya


Salam Sobat Blogger ^_^

Hari ini saya ingin menunjukan ke sobat, cara mengatasi related post yang gak muncul. Kalo udah ngelawan masalah - masalah widget sampe tampilan, mau ga mau sobat harus berhadapan dengan coding - coding template blogger.

Namun, ternyata ga semua permasalahan bersumber dari kode template di Html Blogger. Contohnya saja masalah artikel ini. Setelah Blog sudah tertata rapi, tentu sobat bakalan menambah fitur - fitur di blog sobat bukan ?

Ya sebut saja Label dan Related Post yang biasanya di bawah postingan kita. But, tips ini buat yang sudah pasang kode template related post aja ya ? bagi yang blognya belum terpasang ( biasanya sih blog SEO Friendly sudah terpasang semua ) dipasang dulu, banyak kok panduan pemasanganya.

Kita tau bahwa Related Post merupakan salah satu widget vital pada sebuah Blog, dimana saat pembaca selesai membaca artikel yang kita sajikan. Maka akan melihat related posts yang ditawarkan berdasarkan tema artikel yang sedang dibaca. Sangat penting bukan ?

Oleh sebab itu, rasanya jika Related Post tidak muncul, pasti akan mempengaruhi jumlah trafic kita juga.

Sedangkan Label merupakan komponen yang berhubungan dan erat kaitanya dengan Related Posts. Related Posts akan menampilkan Artikel - artikel yang sudah kita kelompokan berdasarkan tema postingan di Label. Label sendiri juga bisa kita tampilkan di widget Sidebar.

Fungsinya pun kita sudah tidak asing, untuk mengelompokan tema artikel kita. Sebut saja Artikel - artikel bertema Tutorial kita kelompokan pada Label Tutorial, artikel - artikel bertema Teknologi kita kelompokan pada Label Teknologi dan begitu seterusnya.

Meskipun Related Posts lebih penting jika dibandingkan dengan Label nih kalo menurut saya, Namun, tanpa Label, related post pun akan bingung menentukan artikel apa yang akan ditampilkan. Meskipun kita bisa mengatur agar related post agar menampilkan postingan kita secara umum.

Saran saya sih lebih baik menampilkan related post berdasarkan kategori dengan cara membuat label.

Lalu ketika Related Post sudah selesai di bikin dan tiba - tiba ga muncul setelah kita bikin Label. Wah, bisa sirna semangat Bloging kita atau malahan Label di bikin dulu, setelah itu kita bikin related Post.

Sudah susah - susah bikin, ternyata hasilnya Related Posts sama sekali tidak muncul juga ? Mulai Kesal ? Gagal Paham tingkat International ? Tentu tidak, jangan sampai ya hehe. Ternyata ada beberapa Poin Simple yang bisa memberikan solusinya.

1. Umpan Situs pada Menu Setelan Blogger tidak teratur secara "Penuh"

Masuk ke Dashbor Blogger sobat, lalu pilih setelan > Lainya. Nah, pada pengaturan umpan situs yaitu Izinkan Umpan Blog atur menjadi Penuh. Simpan Setelan lalu lihat Blog.

2. Jangan membuat Label dengan Kode singkat pengganti

Apa maksud Kode singkat. ternyata template pada blogger yang bekerja untuk label tidak bisa mengidentifikasi kode singkat seperti "&.+,-,@,! dll " Dan itu terjadi pada saya. 

Coba lihat gambar label diatas. Sebelumnya saya memakai "&" untuk mengganti "dan" namun yang terjadi adalah related post tidak terlihat. seperti ini.


dan setelah saya ganti "&" menjadi "dan" related post pun muncul.


Nah, berdasarkan pengalaman yang saya pakai. saya hanya memakai ke 2 cara diatas untuk mengatasi related Post tidak muncul. 

Selamat Mencoba ^_^

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter