Antivirus yang cocok untuk Pc personal/Warnet

Salam sobat blooger...

Mungkin dari kita di bingungkan untuk memilih antivirus.. karena berdasar pengalaman yang saya dapati antivirus yang saya gunakan dan tentu berganti-ganti,yaitu antivirus menghapus file yang terinfeksi tanpa adanya persetuujuan,uninstalnya yang sulit hingga sampai saya harus instal Windows lagi,Membebani komputer,Sistem Updatenya yang rumit,

Sumber Pengalaman saya dari memakai antivirus : Avast,Microsoft Security Esensial,Kaspersky,Dr.Web Cure it,Eset smart Nod32,Eset Smart Security 7,SMADAV,PCMAV sampai antivirus removal tools sejenis Sality Killer,Trojan Killer,dll.

Ini rekomendasi dari saya berdasar pengalaman saya :
1.Dr,Web Cure It!
Saya menggunakan Dr.Web Cure It! versi home Pc. (Free)


Kelebihan apabila di pasangkan di Pc kita : (Pengalaman)
1.Tidak menghapus File yang terinfeksi namun memperbaikinya.
2.Tampilan Muka yang tidak rumit,tidak banyak menu yang harus kita kuasai untuk menjalankan nya.
3.Sistem Pendeteksi virus yang baik.
4.Ringan untuk Pc dengan spek yang rendah.

Kekurangan apabila di pasngkan di Pc Kita : (Pengalaman)
1.Tidak real time protection,dalam arti tidak dapat melindungi Komputer kita setiap saat.Hanya bisa untuk men scan komputer kita apabila kita sendiri yang mengaktifkanya.
2.Untuk Updatenya kita tidak bisa mengupdate dari dalam menu antivirusnya atau otomatis. Harus download kembali dari website resminya.
3.Proses scanya lumayan lama.Tergantung seberapa besar file"di dalam komputer kita. (Kecuali kalau kita sabar menanti,tidak terlalu lama seperti apa yang di bayangkan)

Berminat silahkan download :  Dr.Web Cure It!

Cara mendownload  :
1.Masuk ke Websiter Resminya.
2.Roll mause ke bawah sendiri pilih kotak gambar Dr.Web Cure It!Free download for pc.

3.Ikuti Petunjuknya dan setujui peraturan dengan cara mencentang license agreement. lalu di halaman web terakir silahkan anda pilih Download Dr.Web Cure It! and send the statistics.


 5.Jika anda berkenan anda di minta like halaman Dr.Web Cure it! di Facebook.

Saran Pengguna'an  : (Hanya saran tidak HARUS)

~ Apabila Laptop/Komputer anda lemot karena serangan virus saya sarankan untuk menggunakan antivirus ini pertama kali lalu restart,setelah itu download lah antivirus pilihan anda.selalu chek agar antivirus Up to date. (Jika anda lemot saat membuka mozila/saat akan mendownloadnya,download lah dari pc/laptop teman)

2.Microsoft Security Esensial.

Saya menggunakan MSE untuk Windows Xp ( Free )




Kelebihan apabila di pasangkan di pc kita : (Pengalaman)

1.Real Time Protection atau Selalu melindungi pc kita terhadap gangguan treads,malware,hacker.
2.Adanya pemberitahuan (Alert) apabila terdeteksi virus di dalam komputer kita,sehingga anda dapat memilih langkah apa selanjutnya di hapus/kah di karantina.Hal ini sangat berfungsi karena ada beberapa antivirus yang mendeteksi dan dengan cepat menghapusnya,sebalnya file yang terinfeksi ikut terhapus.
3.Pengaturan untuk jenis file,folder yang di kecualikan untuk di scan.Terkadang beberapa antivirus mendeteksi file Exe sebagai virus.
4.Ringan dan tidak memberatkan kinerja komputer kita.
5.Terdapat sedikit menu/pengaturan tambahan agar anti virus dapat bekerja sesuai apa yang kita inginkan.
6.Adanya panduan otomatis seperti Microsoft Security Esensial meminta untuk meng update/mengupgrade (maksudnya bukan ke dalam versi pro,hanya sebatas tampilan saja),atau men scan komputer kita,termasuk saran untuk merestart komputer setelah kita membersihkan virus.Ini sangat berguna bagi kita yang awam akan pengoprasianya.

Kekurangan apabila di pasangkan di pc kita : (Pengalaman)

1.Kita harus mengatur Microsoft Security Esensial terlebih dahulu agar dapat optimal memonitor komputer kita secara real time.Karena terkadang MSE yang sudah terinstal terlihat memproteksi pc kita dengan simbol hijau centang namun setelah di restart MSE tidak memonitor pc kita dengan simbol merah silang. (Cara setting silahkan anda lihat di bagian bawah panduan MSE/Microsoft Security Esensial ini)
2.Sistem updatenya tidak otomatis harus manual,namun tidak harus kita mendownload kembali melainkan hanya klik icon Update pada layar MSE nya.
3.Bagi anda pengguna deepfreeze anda harus mematikan deepfreze terlebih dahulu jika ingin meng update/meng upgrade MSE.kecuali MSE di komputer anda,tersintal dalam folder yang tidak anda atur untuk di deepfreze.

Cara Setting MSE agar bekerja optimal :

1.Buka MSE anda. Lalu pilih Setting
2.Nah,silahkan anda buka menu Scheluded Scan terlebih dahulu.
3.Hapus centang Run Sceduled scan apabila anda tidak bisa online tiap hari,karena menu ini bermaksud untuk melakukan jadwal scan sesuai yang anda kehendaki.

 4.Buka Default Actions


Hapus centang pada lingkar bawah yaitu Aply Recomenended Action JIKA anda menginginkan apabila komputer anda terdeteksi virus maka komputer akan melakukan tindakan tanpa harus bertanya kepada anda, Namun berdasarkan pengalaman saya memakai apabila terdeteksi virus MSE akan tetap memberitahukan kepada anda harus di apakan dia. pada 4 garis merah merupakan pengaturan dini apabila keadaan komputer berubah,yaitu saat adanya peringatan rendah ( Low Alert Level ) silahkan anda buka lalu pilih pengaturan apa yang harus di lakukan sesuai kehendak anda begitu juga sampai ke yang paling atas yaitu Severe alert level, saya lebih menyarankan untuk REMOVE pada semua level. Lah nanti pasti bakal kehapus dong file yang terinfeksinya? memang ia tapi MSE akan tetap meminta persetujuan anda selain itu ada menu Exclude file/type untuk mengecualikan apa yang harusnya tidak terdeteksi sebagai virus.

5.Buka Real Time Protection.

Untuk pengaturan yang satu ini saya sarankan di aktifkan. apa maksudnya real time protection? maksudnya perlindungan komputer terhadap virus selama 24 jam penuh selama komputer aktif.

6.Buka Exclude File & Location

Pengaturan yang satu ini di pergunakan untuk mengecualikan file maupun semua yang ada di dalamnya file tersebut.Caranya pun mudah anda tinggal klik saja Browse dan add lalu pilih save changes.


7.Buka Exclude file types

Secara pengalaman apabila kita sudah melakukan exclude file & location yang mana fungsi ini mengecualikan file yang kita pilih beserta isinya di kecualikan dari scan dan detection virus, maka saat kita membuka aplikasi yang kita kecualikan akan terdeteksi virus dalam arti menjalankan programnya. ( Biasanya Launcher program /  Gambar shortcut dari suatu aplikasi tersebut ) kita bisa mengecualikan di menu ini atau kita klik silang saja pada pemberitahuan deteksi virusnya.( tanda silang yang dalam arti untuk menutup program )

8.Buka Exclude Processes

Nah,sobat apabila file types di atas masih saja terdeteksi sebagai virus ini adalah cara yang handal dari menu pengaturan MSE yaitu mengecualikan prosesnya dalam arti filenya dan seluruh isinya sudah kita kecualikan juga. contoh saya bermain game online Point Blank.kita kecualikan dengan cara No.6 di atas, saat membuka launcher PB terdeteksi virus, bisa kita close pemberitahuanya sehingga tidak di hapus namun juga bisa gunakan cara No.7 karena PB launcher menggunakan jenis EXE kita tulis EXE di situ, masih terdeteksi silahkan pakai cara No.8 dan pengalaman saya menunjukan tidak terdeteksi lagi sebagai virus. Clear!!!

9.Buka menu Advanced

Menu ini digunakan sebagai pengaturan yang berisi perintah kita untuk scan flasdisk atau portable yang terdeteksi di PC kita,scan type file Zip dan rar dari malware,dan perintah lain yang tentunya bisa anda fahami sendiri, dan saya merekomendasikan untuk mencentang seluruhnya. Mengapa? karena MSE tidak akan berfikir 2x apabila anda tidak mencentang pengaturan ini dan pengaturan ini sangat berguna tentunya.



10. Buka Microsoft Spynet

Menu ini berguna sebagai salah satu fitur MSE yang memberikan pilihan kepada anda untuk bergabung sebagai keanggotaan pengguna antivirus MSE, dan tentunya berguna karena kita akan mendapatkan definisi jenis virus baru yang dapat bermanfaat dalam perlindungan PC / laptop kita. tidak perlu ada pendaftaran rumit anda hanya perlu memilih menunya i do not untuk tidak mau bergabung dan Basic membership/ keanggotaan tingkat dasar untuk bergabung / advanced membership yaitu ke anggotaan tingkat lanjut. secara perbedaan saya kurang mengerti silahkan anda cari sendiri infonya di google ^_^,


Link donwload : MSE For Windows XP
atau dari website resminya : MSE for Windows 7,vista,8                         

Rekomendasi saya berdasarkan pengalaman saya, saya lebih memilih memakasi MSE yang saya gabung dengan antivirus lokal SMADAV. Meski dari segi kekurangan SMADAV cukup di perhitungkan namun antivirus ini hanya saya gunakan apabila ada pelanggan warnet yang Flasdisknya terkena virus shortcut sehingga datanya seolah hilang padahal hanya hiden saja. Saya tidak terlalu kuatir dengan kekurangan SMADAV karena ukurang fileny yang rendah.

Nah,untuk referensi sobat, silahkan sobat cari informasi seluas luasnya. Namun,yang terpenting sobat mau mencoba meski resiko itu ada, dengan begitu sobat bakal mempunyai pengalaman. Yap, semoga bermanfaat apabila masih bingung komen aja,sobat...

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter