Niche Youtube Paling Mudah Dibuat Terbukti Sukses dan Menghasilkan Uang Untuk Youtuber Pemula

 

Sumber: Pexels.com/Antem Podrez
Banyak cara menjadi youtuber bagi pemula. Mulai dari menjadi youtuber bermodal HP sampai yang menggunakan berbagai macam perangkat pendukung. Seperti kamera, tripod, laptop/komputer, studio dan lain sebagainya. Tentunya salah satu tujuanya adalah menjadi youtuber untuk menghasilkan uang.

Disini, saya akan memberikan tips memilih niche youtube dari yang paling mudah sampai paling sulit. Maksutnya saya akan memberikan tips mengenai berbagai macam jenis chanel yang bisa kamu jadikan referensi dimulai dari yang paling mudah sampai sulit.

Apa tolok ukur mudahnya? Tentu saja dari bagaimana proses itu berjalan. Terutama proses pembuatan vidio. Artinya vidio yang mudah dibuat, tidak perlu repot dan tentunya efektif untuk dijadikan referensi gaya vidio di chanel youtube milikmu.

Pastikan kamu membaca dari awal sampai akhir. Karena di akhir pembahasan akan saya berikan tips dan triknya agar kamu cepat dalam membangun chanel youtube kamu.

1. Face to Face

Sumber: youtube.com/Dr. Indrawan Nugroho
Apa maksud face to face? Maksudnya adalah suatu vidio yang mana wajah kamu akan ditampilkan didalam vidio. Sebagai komunikator dari vidio tersebut kamu bebas berbicara apa saja mengenai topik yang kamu inginkan.

Mengapa vidio youtube jenis ini saya masukan ke dalam vidio yang mudah? Karena pada dasarnya kamu hanya perlu merekam diri kamu sendiri sambil berbicara, lalu mengeditnya. Untuk proses editnyapun kamu tidak perlu terlalu bagus.

Cukup nyaman untuk ditonton orang lain. Tambahkan backsound, judul yang menarik, serta thumbnail yang menarik juga. Memang pada awalnya akan tidak mudah jika tidak terbiasa berbicara didepan kamera. Tapi itu tidak akan membutuhkan waktu lama untuk berlatih.

Kuasai topik yang akan kamu utarakan dan presentasikan didepan kamera, beri sedikit musik, dan transisi sederhana. Kamu juga bisa memberikan cuplikan vidio atau gambar sesekali untuk memperjelas maksud kamu kepada audien.

Kekurangan dari chanel jenis ini adalah kalian harus melawan rasa malu kalian dan tentunya jika terjadi kesalahan kalian juga harus memiliki mental yang kuat karena identitas kalian tentunya diketahui oleh orang lain. Hasil dari vidio sangat bergantung pada device atau perangkat yang kalian pakai. Semisal HP kalian harus mampu merekam dengan jernih baik gambar maupun suara.

2. Chanel Meme

Sumber: youtube.com/Ya Begitulah
Jika kalian suka membuat lelucon dan senang menghibur orang lain, mungkin membuat chanel meme bisa jadi pilihan. Membuat chanel meme tidak sulit. Kamu cukup mengambil vidio lucu milik orang lain lalu kamu kemas dengan tambahan sentuhan lucu kamu sendiri.

Masih bingung? Semisal ambil saja vidio lucu yang sedang viral, lalu tambahkan meme patrick beserta musik spongebobnya dan pastikan nyambung dengan humor yang ada di vidio kamu. Setelah selesai, tinggal upload beri judul yang lucu. Thumbnailnya pun tidak perlu bagus. Semakin ngawur dan lucu thumbnail kamu semakin menarik bagi pengunjung chanel kamu. Semisal thumbnail kamu adalah wajah orang yang kamu zoom sampai gambarnya hampir pecah. Vidio meme juga pada dasarnya tidak perlu waktu lama. Biasanya hanya 1 menit.

Kekurangan dari chanel ini kamu harus selalu up to date perkembangan berita viral. Sehingga kamu tidak kehabisan bahan meme. Kamu juga harus selalu imajinatif dan kreatif agar meme yang kamu buat bisa menghibur. Pastikan untuk membuat lelucon yang tidak menyerang personal orang lain, agama, ras, suku dan lain sebagainya.

3. Clips

Sumber: youtube.com/Sashimi Clips
Jika ada sebuah vidio yang berdurasi sangat panjang tentunya kamu akan berfikir dua kali untuk menonton keseluruhanya. Kamu pastinya akan mencari hal-hal yang kamu butuhkan. Seperti momen lucunya atau hanya disaat-saat tertentu saja.

Disinilah tugas clippers. Pada dasarnya chanel jenis ini adalah mengambil vidio milik orang lain untuk diambil momen-momen terbaiknya saja. Jadi berbentuk potongan vidio yang berdurasi singkat atau digabungkan dengan potongan vidio lainya sehingga durasinya panjang.

Contohnya adalah best momen mobile legends bang bang, funny momen streamer hololive, cuplikan-cuplikan anime paling keren dan lain sebagainya. Kalian tidak harus mengedit keseluruhan vidio. Cukup potong bagian paling menarik dan upload. Thumbnailnya pun kalian cukup menggunakan salah satu frame atau gambar yang ada dividio.

Kekurangan chanel jenis ini adalah sewaktu-waktu pemilik vidio tidak mengizinkan vidionya diambil maka chanel kalian bisa dilaporkan dan terancam hangus. Namun, kasus seperti ini sangat jarang. Pastikan kalian mendapat izin dari pembuat vidio atau jika tidak pastikan saja kalian merasa kalo hal ini aman dan lakukan.

4. Chanel Dubbing

Sumber: youtube.com/Duzzle

Apakah kamu tipe orang yang tidak nyaman menunjukan muka ke kamera? Jika iya, kamu tidak perlu bingung lagi. Kamu bisa merekam suara kamu lalu kamu edit dan sisipkan vidio footage yang nyambung dengan topik yang sedang kamu bicarakan.

Cukup simpel dan mudah bukan? Apakah harus sangat bagus dalam hal pengeditanya? Tidak juga. Menurut pengalaman saya menonton banyak chanel dubing seperti ini rata-rata yang penting adalah vidio atau gambar sebagai footage yang relevan dengan vidio kamu.

Pengeditanya hanya perlu membuat transisi. Vidio yang sederhanapun juga enak untuk ditonton yang terpenting adalah isi, thumbnail, judul kamu menarik untuk dinikmati sampai akhir vidio.

Itu tadi 4 niche atau tipe chanel youtube yang mudah untuk kamu pilih. Pastikan 1 chanel hanya membahas 1 tema ya? Karena hal ini akan membuat chanelmu mudah dihafal, dikenali oleh penonton serta mempermudah youtube untuk merekomendasikan vidio kamu juga. Bagaimana masih bingung menentukan tema youtube kamu? Kamu bisa utarakan di kolom komentar.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter