Cara Mengatasi Error Daftar Prakerja, Dijamin Berhasil! (Format Foto Tidak Sesuai, Akses Lokasi, DLL)

 

Sumber: Google Images

Kartu Prakerja merupakan salah satu program pemerintah saat ini yang terbukti sangat diminati masyarakat. Hal ini terbukti dari jumlah gelombang yang dibuka pada sesi prakerja yaitu lebih dari 30 gelombang dan saat ini akan terus menerus bertambah kedepanya. Semoga.

Namun, disela-sela mendaftar atau registrasi. Saya sempat menemukan kendala atau eror yang terjadi. Diantaranya adalah eror bertuliskan format foto tidak sesuai, sedang mengalami gangguan, tidak bisa mendeteksi lokasi sampai gagal upload foto ktp dan foto selfie.

Nyatanya, saya sudah mengajukan permohonan lewat form pengaduan kendala di prakerja. Dibalas sih, namun ternyata kurang membantu bagi saya. Jadi apa kendalanya?

Sumber: Dokumen Pribadi

Kendala yang saya alami yang pertama adalah browser tidak bisa mengakses lokasi. Saat pertama kali mendaftar prakerja. Kamu akan dimintai untuk mengaktifkan atau mengizinkan website prakerja untuk mengakses lokasi kamu saat ini.

Pada masalah ini mudah diatasi yaitu cukup dengan menekan izinkan pada handphone ketika pop up muncul. Tapi kalau tidak muncul bagaimana? tenang saya akan bagikan solusinya juga dibawah ini.


1. Mengatasi Izinkan lokasi pada prakerja.

Untuk pengguna komputer ada 2 skenario. Yang pertama tiba-tiba akan ada pop up notifikasi di kiri atas untuk allow location. Jika ada maka pilih allow atau oke. Jika terlanjur muncul namun terlanjur kamu tutup silahkan refresh web page dengan menekan tombol f5 atau tombol fn+f5 atau tombol melingkar di samping gembok (lihat gambar bawah).

Skenario kedua adalah apabila tidak ada jendela notifikasi. Silahkan kamu fokus dengan icon gembok di kiri atas tampilan browser kamu.



Di menu gembok tersebut silahkan kamu klik, lalu perhatikan menu yang keluar. Jika ada menu permision atau izinkan, maka kamu harus memilih menu tersebut lalu allow location. Setelah ini seharusnya kamu telah berhasil.

Untuk pengguna Android, saya sarankan untuk menggunakan chrome atau opera mini. Selain browser itu seperti mint browser, peramban bawaan android (Realme C11) maka tidak bisa. Karena saya sudah pernah mencobanya.

Setelah browser Opera mini/Chrome terinstal silahkan menuju web prakerja, login dan ketuk oke atau izinkan apabila muncul jendela permintaan izin lokasi. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur lokasi pada smartphone kamu.

2. Mengatasi format foto tidak sesuai, gagal upload foto ktp, gagal upload foto selfie.

Saya juga mengalami ini dan sempat kebingungan sendiri. Jika format foto kamu sudah jpg dan tetap gagal, sama. Jika ukuran gambar kamu melebihi 2 mb. sama. Lalu bagaimana caranya?

Sumber: Playstore

Yang harus kamu lakukan adalah menggunakan Opera mini. Jangan gunakan chrome, mint browser atau peramban bawaan android karena saya sudah mencobanya dan hasilnya sama saja. Entah mengapa bisa begini, yang jelas sepertinya ada perbedaan diantara browser ini atau dari pihak web development prakerja.

Setelah kamu menginstal Opera mini, silahkan masuk ke prakerja. Lalu ketuk upload ktp. Jika terpop up atau muncul jendela baru bewarna hitam, silahkan perhatikan icon kamera di kanan atas. Ketuk dan otomatis akan muncul kamera. Jika tidak, maka kamu harus masuk ke menu pengaturan setting di hp kamu lalu mengizinkan Opera Mini menggunakan kamera hp kamu.

Setelah itu, silahkan foto Ktp kamu. Ingat ya, bukan mengambil foto dari galeri namun harus melalui foto.Sama halnya dengan selfie, ketika kamu menggunakan Opera mini maka akan dijamin lancar dalam proses registrasi prakerja.

3. Mengatasi Saat ini sedang gangguan

Nah, untuk ini saya juga mengalami. Solusinya pastikan kamu menuju ke dapur, mengambil cangkir, masukan gula, kopi dan air hangat. Aduk merata. Duduk santai lalu ngopi. Karena solusinya adalah menunggu beberapa menit baru bisa mencoba kembali.

Kenapa begitu? Biasanya hal ini dikarenakan server sibuk atau banyak user yang mengakses sehingga server kewalahan menangani data keluar masuk yang begitu banyak. Lihat saja berapa jumlah penduduk Indonesia. 200 juta jiwa lebih. Jika 200 juta mengakses disaat yang sama, maka ya otomatis servernya sibuk.

Ibarat kamu penjual nasi pecel nih (maaf lagi laper) tiba-tiba ada 200 pelanggan dateng bersamaan. Gimana coba? hehe.

Yah, itulah solusi yang saya temukan. Meskipun bantuan dari pihak prakerja sendiri kurang memuaskan tapi setidaknya saya dapat pengalaman. Semoga teman-teman yang sedang mengurus kartu prakerja seperti saya dapat terurus dengan baik serta lolos dalam gelombang saat ini atau selanjutnya.

Sekian dari saya, mohon maaf apabila tulisanya tanpa screnshot dikarenakan saya sudah terlanjur menguninstal Opera mini karena memori hp saya yang kepenuhan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter