Mengatasi Smartphone Atau Hp Lemot, Kurang Dari 5 Menit

 

Sumber: Foto oleh Tyler Lastovich: https://www.pexels.com/id-id/foto/smartphone-android-hitam-di-atas-meja-719399/
Smartphone tentunya sudah menjadi barang yang senantiasa menemani kita didalam keseharian. Mulai dari berkirim pesan, mengupload story, melakukan perhitungan angka dan masih banyak hal lainya yang membuat pekerjaan kita semakin mudah dengan menggunakan smartphone.

Namun, pernahkah kamu ketika sedang asik menggunakan smartphone, malah kesal karena smartphone kesayangan kamu lemot atau bahkan mendadak berhenti.

Nah, disini saya akan membagikan nih tips simpel yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah smartphone lemot ini. Apa saja tipsnya?

1. Hapus Aplikasi Tidak Perlu

Aplikasi yang tidak perlu atau jarang digunakan sebaiknya kamu hapus/uninstal dari smartphone kamu. Mengapa? Karena aplikasi tersebut akan tetap berjalan di tray sistem dan ikut menggunakan memori (RAM) dan penyimpanan (ROM) smartphone kamu.

Alhasil, ruang penyimpanan kamu baik RAM maupun ROM terpakai oleh aplikasi yang tidak kamu pakai itu yang seharusnya kalo kamu hapus maka bisa melegakan penyimapanan memori kamu.

Smartphone kamu akan lebih ringan dalam bekerja dan akan lebih siap untuk kamu gunakan dengan performa terbaiknya.

Nah, bagaimana caranya?

Pertama bukalah setelan smartphone kalian.

Sumber: Dokumen Penulis
Jika sudah, silahkan mencari menu manajemen aplikasi atau aplikasi tergantung dari tampilan dan penulisan smartphone masing-masing.

Sumber: Dokumen Penulis
Lalu ketuk Lihat Semua Aplikasi. Untuk versi smartphone lain biasanya langsung menuju ke info aplikasi-aplikasi apa saja yang terinstal di smartphone.

Setelah itu, pilihlah aplikasi yang sekiranya tidak pernah kamu gunakan. Ketuk satu kali dan pilih copot pemasangan atau uninstal.

Lakukan lagi pada beberapa aplikasi yang menurut kamu tidak pernah atau jarang kamu gunakan.

2. Hapus File Tidak Penting

Pada dasarnya hal ini sama dengan poin pertama. Bukalah file penyimpanan atau galery smartphone kamu. Lalu hapuslah file-file menumpuk yang sekiranya tidak terpakai.

Mulai dari video, gambar, audio, dokumen dan lain-lain. Pengalaman saya sewaktu diberi keluhan smartphone seseorang lemot adalah penyimpanan mereka penuh.

Tentu saja, untuk mengatasinya adalah menghapus file. Jangan lupa untuk melakukan setting pada aplikasi seperti WhatsApp agar tidak secara otomatis mengunduh file dijaringan apapun. 

Karena jika kamu membiarkanya, WhatsApp akan otomatis mengunduh semua file yang masuk ke WhatsApp kamu. Hal ini jika dibiarkan akan memakan penyimpanan memori smartphone kita.

3. Hapus Cache

Cache merupakan penyimpanan sementara dimana ia akan berfungsi sebagai ingatan tentang berbagai hal yang pernah kita lakukan disuatu aplikasi. Sehingga saat kamu membuka aplikasi tersebut, aplikasi tersebut dapat lebih cepat menjalankan perintah kamu.

Ibaratnya cache adalah ingatan yang kita dapat setelah belajar. Ketika kita menghadapi ujian di mata pelajaran yang kita pelajari tadi, kita menjadi cepat menjawab karena kita memiliki ingatan yang kita dapat dari belajar tadi.

Untuk menghapus cache sebenarnya banyak sekali metodenya. Beberapa menu di smartphone sudah menyediakan fitur hapus cache.

Namun, untuk lebih cepatnya. Karena saya tidak mengerti apalah smartphone kamu terdapat fitur tersebut atau tidak. Bukalah playstore, lalu ketikan dipencarian cache cleaner.

Lalu instalah salah satu aplikasi tersebut. Saran saya, pilihlah aplikasi yang memiliki rating tinggi, ulasan positif yang meyakinkan dan ukuran file yang tidak membebani penyimpanan kamu.

Sumber: Dokumen Penulis

Jika sudah terinstal, maka jalankan aplikasi tersebut dan mulailah membersihkan cache diseluruh aplikasi di smartphone kamu. Setelah selesai, biasanya kamu akan merasakan smartphone kamu terasa lenih ringan saat membuka atau menutup aplikasi.

4. Setting Opsi Developer Atau Pengembang

Untuk dapat melakukan setting pada opsi developer atau pengembang, pertama kamu harus mengaktifkan dulu opsi developer.

Buka menu setelan atau pengaturan di smartphone kamu. Lalu ketuk tentang ponsel.

Sumber: Dokumen Penulis
Lalu akan terlihat berbagai informasi tentang smartphone kamu. Dari beberapa menu tersebut ketuk build number atau nomor versi satu kali-beberapa kali. Beberapa smartphone hanya perlu mengetuk sekali.

Jika kamu belum menemukan build number maka ketuk pada menu versi.

Sumber: Dokumen Penulis

Lalu kamu akan melihat menu build number atau nomor versi. Ketuklah sekali atau beberapa kali sampai muncul pesan bahwa kamu telah masuk ke dalam mode pengembang atau developer.

Keluar dari menu tentang ponsel, lalu scroll sampai kamu menemukan fitur pengembang atau developer.

Jika menu opsi developer atau pengembang belum kamu temukan di setelan. Kemungkinan berada di dalam menu sistem. 

Sumber: Dokumen Penulis

Ketuk satu kali menu sistem maka kamu akan menemukan opsi developer atau pengembang.

Sumber: Dokumen Penulis

Masuk pada opsi developer, lalu carilah pengaturan berikut dan ikuti.

Sumber: Dokumen Penulis

Matikan animasi dari skala animasi jendela, transisi dan durasi animator. Pengatuan ini akan membuat animasi saat kita menutup aplikasi, berpindah jendela dan membuka animasi menjadi tidak ada. Efeknya akan memperingan kerja GPU smartphone kamu.

5. Matikan Aplikasi Berjalan

Aplikasi yang berjalan dan dibiarkan akan membebani RAM serta CPU kamu. Pastikan untuk selalu menutup aplikasi yang sebelumnya kamu buka atau gunakan. Caranya sangat mudah. Pertama perhatikan icon menu di bawah layar smartphone kamu. Jika dilihat ada 3 icon bukan?

Pertama, icon segitiga atau bisa berbentuk tanda panah, icon rumah atau bisa berbentuk kotak, dan icon garis 3 atau kotak dengan lapisan kotak lagi dibelakangnya. Urutanya juga bisa berbeda pada smartphone lain. Intinya adalah 3 icon tersebut.

Icon segitiga atau tanda panah berfungsi untuk mengembalikan proses saat ini ke proses sebelumnya, keluar dari aplikasi, atau kembali ke home. Icon rumah berfungsi untuk kembali ke layar awal smartphone atau disebut homepage. Icon garis 3 atau kotak dan lapisan kotak dibelakangnya berfungsi untuk membuka program-program yang pernah berjalan atau sedang berjalan dan belum ditutup.

Sumber: Google Images

Jika sudah ketemu icon garis 3 atau kotak dengan lapisan kotak di belakangnya maka ketuk 1x icon tersebut. Dan tutup semua aplikasi yang berjalan. Pada setiap smartphone memiliki tampilan berbeda untuk menghapusnya. Ada yang tanda silang, ada yang bertuliskan Hapus aplikasi dan ada pula icon sampah. Intinya sama saja. Hal ini akan melegakan memori dan meringankan kerja CPU smartphone kamu.

6. Selalu Gunakan Pengaturan Grafis Terendah

Jika lemot terjadi disaat bermain game. Hal ini bisa diakibatkan dari pengaturan grafis kamu yang memberatkan sistem. Contohnya adalah seperti game Mobile Legends. Cara mengaturnya mudah. Buka pengaturan atau icon gerigi dan carilah pengaturan graphics atau tampilan dan sejenisnya. Pastikan semua settingan yang ada low atau lowest atau terendah. Jika ada, maka matikan saja atau Off kan fungsi beberapa pengaturan game graphic agar smartphone kamu tidak terlalu panas dan tidak lemot.

Sumber: Google Images

Semoga dengan beberapa tips di atas kamu dapat mengatasi smartphone yang lemot. Perlu diperhatikan bahwasanya jika faktor lemot dari smartphone adalah dari kesalahan hardware maka perlu adanya tindakan service. Jika memang seperti itu, maka pastikan untuk memilih tempat servis yang terpercaya dan sesuai dengan kantong kamu ya?


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter