Cara mudah mengubah format Microsoft Office Word ke PDF maupun sebaliknya secara Online tanpa instal Software

Salam Sobat Bloger ^_^

Ada yang pernah bingung cara merubah Document Word ke PDF? Musti Instal Software? atau malah belum tau sama sekali ? Tenang saya membagikan cara termudahnya. Tentu saja karena dari judul saja Secara Online jadi sobat harus punya koneksi Internet.

Microsoft Office Word merupakan aplikasi Office bawaan dari microsoft. Fungsinyapun kita sudah tau, sebagai aplikasi untuk membuat dokumen, baik tabel, artikel, gambar, undangan dan masih banyak yang lain.

Sedangkan pada PDF sendiri banyak orang masih bingung bagaimana cara pengeditanya melalui PDF. Kebanyakan dari kita menggunakan PDF sebagai format yang digunakan untuk melihat dokumen saja. Lalu untuk apa sih sebenarnya PDF ini ?

Kita tahu banyak sekali fungsi dari PDF ini salah satunya sebagai sarat untuk melamar kerja, terkadang ada juga format lamaran yang meminta pelamarnya untuk membuat berkas - berkas dalam format PDF. Di dalam PDF juga lebih praktis jika kita mempunyai banyak Dokumen yang ingin selalu dikaitkan. Tampilan dan jumlah tool dari PDF juga lebih sederhana dan sedikit.File berformat PDF juga mudah untuk di resize ukuran filenya atau lebih dikecilkan ukuran filenya.

Meskipun Microsoft Word saja tanpa di kecilkan sudah mampu menyimpan dokumen yang kita buat dengan ukuran yang maksimal kecil namun kualitas tetap maksimal. Namun, tenang, untuk PDF sendiri kita bisa memperkecil ukuran sizenya dengan online tentunya.

Untuk tutorialnya saya akan buatkan di lain kesempatan atau sobat bisa googling bagaimana cara untuk memperkecil ukuran PDF.

Nah, langsung aja deh comot cara yang sajikan berikut :

1. Buka Alamat Website Small PDF

Sebenarnya banyak Penyedia jasa converter Pdf ke format yang lain. Akan tetapi saya kasih contohnya ini ya. Untuk alamat yang lain akan saya sertakan dibawah.

Maka sobat akan menjumpai kotak-kotak warna-warni seperti diatas. Karena postingan kali ini membahas Cara convert PDF ke word atau sebaliknya. Sobat bisa memilih Word To PDF apabila sobat ingin merubah Document Microsoft Word ke PDF atau pilih saja PDF to Word apabila sobat ingin merubah File berjenis PDF ke Microsoft Word supaya bisa diedit.

Contoh saya memiliki Document Word yang saya ingin jadikan dalam format PDF maka saya pilih Word to PDF.

2. Pilih File / Chose File yang akan Sobat Convert


Silahkan klik Choose File dan cari dimana File yang ingin sobat convert. Apabila file tersebut ada di DROPBOX maka sobat klik From DROPBOX maka sobat akan dibawa ke alamat Dropbox sobat tentu saja harus login terlebih dahulu. Begitu juga dengan Goggle Drive.

Contoh saya ingin merubah Document Word saya yang berisikan tentang Sejarah Band Metallica hasil Copas dari b3mb3ng.Blogspot


Pilih document word yang akan diconvert ke PDF lalu klik Open. Tunggu sampai proses Upload selesai.


3. Download File PDF yang telah selesai di convert

Setelah langkah Upload selesai. Silahkan sobat download dan cek apakah File PDF sama persis dengan File Document sobat yang asli.

Berikut perbandinganya :

File Asli Ms.Word
File hasil Convert PDF
Eits.. akan tetapi converter File ke PDF maupun sebaliknya ini memiliki kekurangan. Untuk File dengan format Ms.Excel yang memiliki banyak isi dan sheet tidak akan bisa terconvert secara sempurna dengan converter online ini. Jadi selain memakai software mungkin juga harus manual.

Berikut saya sertakan alamat converter berbagai document ke Pdf / sebaliknya :


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter